Kebersihan Kandang Sebagai Bagian Biosecurity

Biosecurity Ternak

Biosecurity Ternak

Sudah sangat familiar dalam bidang peternakan yaitu segitiga penentu keberhasilan usaha peternakan.  Breeding, Feeding dan Manajemen……ya itulah konsep yang rata rata sudah sangat familiar ditelinga para pelaku ternak. Namun pada era kini perlu disempurnakan dengan biosecurity.  Biosecurity  merupakan upaya menghindari dan meminimalkan adanya penyakit. Peternakan yang mengaplikasikan biosecurity pada dasarnya melakukan efisiensi  pada biaya kesehatan ternak. Konsep utama dalam biosecurity adalah isolasi pada suspect ternak yang diduga terjangkit penyakit, pengawasan lalulintas orang dan barang diarea peternakan serta sanitasi.

 

Sanitasi merupakan bagian yang relative mudah sekaligus juga langkah preventif. Hal yang paling simple dan sederhana dalam konsep biosecurity adalah menjaga kebersihan.  Pada peternakan unggas biosecurity menjadi sebuah kebutuhan. Namun pada peternakan ruminansia relative belum total dalam aplikasinya.

Pada peternakan ruminansia  dengan system kandang panggung  ada beberapa poin kebersihan yang harus dilakukan:

  1. Kebersihan Tempat Pakan dan Minum
  2. Kebersihan Lantai Kayu
  3. Kebersihan Lantai dan jalan area
  4. Kebersihan area penampung kotoran

 

Tempat pakan dan minum merupakan area yang paling gampang memasukkan parasite dan penyakit yang turut serta masuk dalam tubuh ternak melalui saluran pencernaan. Tempat pakan disarankan dibersihkan setiap hari yaitu sebelum ternak diberikan pakan. Rutinitas ini terjaga maka peluang bibit penyakit yang masuk ke saluran cerna dapat diminimalkan.

Kebersihan Tempat pakan dan jalan

Kebersihan Tempat pakan dan jalan

Kebersihan lantai kayu atau istilah jawa “galaran” yaitu bagian lantai kandang yang langsung bersinggunggan dengan ternak. Selain menyapu setiap hari pada lantai kandang ini perlu diperhatikan lobang/celah antar kayu. Pada ternak kambing domba, kotoran biasanya tertahan pada celah ini dan akhirnya akan menutupnya. Kondisi ini akan menyebabkan kotoran tidak bisa jatuh ke lantai bawah. Apabila bersimbiosa dengan kelembaban biasanya akan muncul mikroorganisme parasite yang hidup pada celah yang tertutup tersebut.

Kebersihan lantai kandang

Kebersihan lantai kandang

Kebersihan jalan diantara bagian kandang juga perlu mendapat perhatian. Bagian ini cukup mempengaruhi kesehatan, contoh pada kandang kambing dengan system head to head; seringkali pakan jatuh kelantai dan jalan. Apabila lantai tidak bersih dan pakan yang tercecer tersebut diberikan lagi ke ternak, maka peluang untuk terkena penyakit akibat kontaminan menjadi lebih besar.

Kebersihan Kotoran

Kebersihan Kotoran

Area lantai penampung kotoran mutlak secara berkala harus dibersihkan. Bagian ini dominan menyumbang sumber penyakit apabila diabaikan. Tingkat kelembaban dan amoniak dari kotoran yang lama mengendap secara langsung akan menganggu  kesehatan ternak.

Konsep biosecurity dengan menjaga kebersihan kandang merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan ternak. Langkah ini merupakan upaya yang relative murah dan mudah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: