STRATEGI FORMULASI RANSUM

Pakan dalam usaha peternakan menjadi faktor kunci tingkat keberhasilan usaha ternak. Beberapa ahli menyatakan bahwa poin pakan mencapai 70% dalam menentukan tingkat keberhasilan usaha. Pakan dibuat dengan diformulasikan terlebih dahulu yaitu dipertimbangkan sisi kebutuhan ternak, kualitas bahan yang dipakai serta sisi ekonomisnya. Formulasi ransum sebenarnya sebuah pendekatan budidaya dengan menekankan pada sisi efektivitas dan efisiensi. Untum mendapatkan manfaat yang optimal dalam formulasi ransum perlu dilakukan beberapa strategi.

 

Strategi Formulasi Ransum

Strategi Formulasi Ransum

Tiga langkah utama dalam formulasi ransum yaitu memilah, memilih dan menyajikan. Penggalian potensi wilayah sekitar sebagai sumber utama dalam penyediaan bahan baku pakan mutlak dilakukan disamping mendatangkan bahan lain dari luar wilayah.  Langkah berikutnya setelah semua bahan terdata selanjutnya perlu kita ketahui kandungan nutrisi bahan berdasar asal wilayah bahan.   Faktor faktor tinggi rendahnya kandungan nutrisi dan harga bahan perlu dipertimbangkan dengan baik dan benar. Kalaulah sejumlah bahan sudah direncanakan akan dipakai maka penghitungan dengan formulasi dapat dilakukan.

 

strategi formulasi MEMILIH

strategi formulasi MEMILIH

Bahan pakan yang akan digunakan dalam formulasi ransum secara organoleptik/pengamatan dengan indera harus dilakukan, hal ini sebagai salah satu screening biosecurity ternak. Ternak harus dipastikan mengkonsumsi bahan pakan yang secara organoleptik aman. Menjadi penting juga berikutnya ialah ketersediaan bahan tersebut dalam sepanjang tahun. Bahan yang mudah didapat , kualitas bagus dengan harga ekonomis  menjadi prioritas untuk dimanfaatkan.  Pada saat memilih perlu dipertimbangkan juga bagaimana proporsi hijauan dan konsentrat dalam formulasi total pakan. Kombinasi rumput dan legume yang high quality dengan persentase yang pas dapat meminimalkan penggunaan konsentrat. Apabila memang harus mengunakan konsentrat maka kombinasi penggunaan bahan yang high quality dengan bahan limbah  industri pangan, agro industri, limbah pertanian dan limbah perkebunan akan menghasilkan komposisi yang berkualitas dan ekonomis. Kombinasi bahan yang berkualitas namun harga mahal dengan bahan yang cukup berkualitas namun murah dapat diterapkan.

 

strategi formulasi MEMILAH

Strategi formulasi ransum, memilah bahan

Dari berbagai item bahan yang sudah dipilih perlu dipilah terlebih dahulu sebelum dipergunakan dalam campuran pakan. Pemilahan ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas bahan serta mengurangi efek negatif bahan.

 

strategi formulasi MENYAJIKAN

strategi formulasi MENYAJIKAN

Penyajian sangat menentukan  dalam aplikasi pakan. Apabila pakan baik namun disajikan asal asalan akan memberikan hasil yang tidak optimal bahkan pada kondisi ekstrim dapat merugikan. Saat menyajikan perlu dipertimbangkan komoditas ternak yang akan mengkonsumsinya, selanjutnya pertimbangan fase fisiologis untuk lebih mempertajam kepada arah usaha ternak dan efisiensi pakan. Kecukupan pakan baik dari sisi nutrisi dan jumlah pakan harus dipenuhi.. Terakhir bentuk dan teknis sajian ada sajian basah, kering ada sajian 2-3 kali sehari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: