PAKAN TERNAK LIMBAH SAWIT

pakan limbah sawit

Perkebunan sawit meningkat sangat pesat diwilayah Indonesia terutama di luar Jawa.  Sebuah bisnis pertanian yang sangat menarik. Terlepas  dari hasil utama perkebunan ini , ada potensi limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Baik itu limbah perkebunannya maupun limbah dari industri pengolahannya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Mengacu pada data dari mongabay.com dan Luas Kelapa Sawit Indonesia; dan Volume serta Nilai Ekspor Minyak Kelapa Sawit Indonesia, Direktorat Jenderal Perkebunan dari artikel Alvian Syafrizal, terlihat demikian pesatnya dan terbayang juga berapa banyak limbahnya.  Mengacu pada sudut pandang positif dan solutif menimbulkan peluang untuk memanfaatkan sebagai potensi pakan ternak ruminansia.

pakan limbah sawit2

Limbah pada industri perkebunan sawit disini coba saya kelompokkan menjadi dua yaitu limbah yang diperoleh dari perkebunannya (daun, tandan buah dll) dan limbah hasil pengolahan buah kelapa sawit (bungkil kelapa sawit, lumpur sawit dll).

pakan limbah sawit1

Ilustrasi diatas adalah betapa meningkatnya nilai ekonomis dari limbah sawit, dicontohkan harga bungkil sawit sampai di Jawa dari tahun ke tahun.

pakan limbah sawit3

Dengan latar belakang limbah pastilah ada permasalahan baik fisik maupun kimiawi yang melekat pada bahan tersebut. Oleh karenanya perlu dilakukan pengolahan lanjutan  untuk menjadi pakan ternak. Bahan limbah langsung dari perkebunan sawit disarankan untuk menggunakan proses fermentasi dab blocking sedangkan limbah pengolahan sawit lebih cocok sebagai bahan dalam formulasi konsentrat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Fermentasi merupakan salahsatu teknologi pengolahan pakan untuk meningkatkan  kualitas bahan sekaligus mengawetkan. Untuk mendapatkan hasil optimal dalam prosesnya perlu memperhatikan beberapa kaidah dasar fermentasi seperti kondisi udara, kadar air, ukuran bahan, mikrobia, starter dan lama pemeraman.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Limbah hasil pegolahan buah sawit menjadi minyak sawit cukup pas dan cukup familiar digunakan sebagai bahan pakan penyusun konsentrat. Penggunaan bahan seperti bungkil sawit sangat familiar dalam industri pakan ternak ruminansia maupun peternakannya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Varian olahan pakan ternak ruminansia seperti yang dikembangkan Oleh Prof.Dr.Ir. Yuli Retnani, MSc  sangat menarik untuk diaplikasikan dan bentuk pengolahan pakan seperti ini dapat menggabungkan limbah perkebunan sawit dan limbah pengolahan sawit menjadi satu bentuk pakan yang praktis.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: