DDGS,CGF,CGM (by product jagung)

ddgs cgf

Jagung (corn)…dalam pemanfaatannya tdk hanya food dan feed….sekarang sudah ke fuel. Rekor harga jagung baru saja terpecahkan pada tahun ini yang sempat menyentuh 6000-7000 per kg. Sebuah kondisi yang memerlukan kreativitas untuk substitusinya. Beberapa hasil samping pengolahan ini dapat menjadi pilihan.

Destillers Dried Grains with Solubles merupakan hasil samping dari industri ethanol. Bahan asal yang sering digunakan dari jagung dan gandum. Pemberian terbaik ketika diperlukan protein dengan pemberian hijauan kualitas rendah, dapat mensubsitusi sbm. Bagus juga ketika diperlukan sumber energi dalam pakan. Kandungan protein dikisaran 28-30 %. Pemakaian ddgs bisa sampai 20%.

Corn Gluten Feed adalah hasil sampingan dari wet milling process dalam pembuatan corn starch dan corn syrup. Kandungan protein 20 %. Kedua bahan ini cukup familiar dalam ransum ternak ruminansia. Sangat pas dipakai saat ransum kurang energi, protein dan serat. Ada satu bahan lagi CGM (corn gluten meal) yang lebih familiar pada unggas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: