Sistem Pemerahan Pada Sapi dan Kambing

mesin perah kambing

mesin perah

Pemerahan bertujuan untuk memperoleh hasil susu yang sebanyak-banyaknya. Tahapan pemerahan yaitu pra pemerahan, pelaksanaan pemerahan dan pasca pemerahan. Tahap persiapan pemerahan meliputi pembersihan kandang, memandikan tubuh sapi, mengikat ekor sapi, mencuci ambing dan putting dengan air hangat, pemeriksaan susu dari tiap-tiap putting dan massage ambing sapi perah. Dijelaskan lebih lanjut bahwa kandang harus dalam keadaan bersih sebelum pemerahan dilakukan dan bebas dari bau, peralatan perah harus siap sebelum pemerahan dilakukan.

Proses pemerahan dapat menggunakan dua sistem yaitu sistem pemerahan dengan tangan, dan pemerahan dengan menggunakan mesin perah. Pemerahan dengan tangan ada tiga macam yaitu 1) whole hand milking yaitu memegang puting susu pada pangkal puting diantara ibu jari dan telunjuk dengan tekanan diawali dari atas yang diikuti jari tengah, jari manis dan kelingking, seperti memeras; 2) strippen yaitu puting dijepit diantara ibu jari dan telunjuk yang digeser pada pangkal puting ke bawah sambil dijepit; 3) knevelen, cara ini sama dengan cara strippen tetapi dengan membengkokkan ibu jari

Agar susu yang diperah hasilnya bersih dan bagus tempat untuk memerah susu harus bersih, tidak berdebu, tempat pemerahan kambing berlantai semen atau papan yang rata. Kalau ambing cukup besar, cara memerah yang baik adalah dengan menggenggam ambing, jika ambing masih kecil dengan cara diplirit. (Studi Pustaka : Syarief dan Sumoprastowo, ;Sudono, 1984)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: