PENGGEMUKAN

Usaha penggemukan yang terkini dilakukan dengan petunjuk dan pedoman ilmu pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa sistem yang dilakukan dalam penggemukan terutama sapi ialah “pasture fattening”, “dry lot fattening” dan kombinasi keduanya.

“Pasture Fattening” adalah sistem penggemukan dimana ternak dilepaskan dipadang penggembalaan. Ternak merumput sendiri sampai kenyang kemudian menjelang malam dikandangkan dan besok dilepaskan lagi. Jenis ternak yang bisa optimal adalah ternak dimana sistem rumen sudah sempurna atau ternak sudah dewasa. Keberagaman habitat padang penggembalaan sangat menentukan keberhasilan, kombinasi rumput dan legume biasanya diterapkan.

domba

Beberapa keuntungan sistem ini adalah penghematan tenaga kerja – biaya; mengurangi penggunaan sumber protein dengan harga tinggi; ternak sekaligus memupuk lahan rumput. Kelemahan sistem ini ialah penggembalaan memakan waktu lama, membutuhkan lahan luas, ada permasalahan kala musim kemarau.

“Dry lot fattening” adalah sistem dimana sapi diberi ransum pengguat sebagai makanan utama. Keuntungan sistem ini ialah ternak cepat gemuk dan pertumbuhan pesat karena banyak mengandung unsur nutrisi yang dibutuhkan ternak yang telah dihitung sebelumnya. Pakan konsentrat merek Pro Feed yang diproduksi PT. Bersama Ben Berkah salah satu contoh pakan penguatnya.

dry lot fattening

Feedlot sudah mengaplikasikan sistem ini , dimana semua kebutuhan ternak terkontrol terutama pakannya. Daerah yang kaya dengan hasil limbah pertanian, perkebunan biasanya menjadi pilihan lokasi. Kombinasi kedua sistem tersebut dipilih untuk lebih mendapatkan hasil optimal. Ternak diberi pakan penguat namun beberapa saat juga digembalakan dipadang penggembalaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: