Bibit Unggul Kambing Perah, Menjawab Kebutuhan Nasional

Pemerintah sangat berperan dalam pengembangan kambing sebagai sumber protein hewani baik susu maupun daging. Beberapa balai yang bersinggungan langsung dengan peternakan kambing domba adalah BBPTUHPT Baturaden JawaTengah, BPTUHPT Pelaihari Kalimantan Selatan serta Balitnak Bogor dan Loka Penelitian Kambing Potong Sumatera Utara.

BBPTU HPT Baturaden sebagai salah satu balai besar menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam :

  • Penyediaan bibit sapi perah (FH)
  • Penyediaan bibit kambing perah (PE dan Saanen)s
  • Penyediaan bibit hijauan pakan ternak berkualitas baik rumput (king grass & odot) serta legume (indigofera, desmodium, kaliandra, turi)
  • Pelatihan teknis petugas kesehatan dan reproduksi
  • Uji zuriat sapi perah
  • Pembinaan kelompok pada sapi perah dan recording

Kambing terutama jenis kambing perah berada dalam posisi strategis untuk dikembangkan sebagai usaha unggulan. Beberapa pertimbangan antara lain tingkat kebutuhan modal yang lebih kecil dibanding sapi, tata laksana pemeliharaan relatif lebih mudah dan harga produk yang relatif lebih tinggi.

Exif_JPEG_420

Tabulasi data nasional populasi kambing sebanyak 19,2 juta ekor dengan pertumbuhan rata –rata 3,8% per tahun. Jumlah ini tersebar dalam 33 propinsi dengan sebaran paling banyak di JawaTengah (3,5 juta ), Jawa timur (2,7juta) dan Jawa Barat (1,6juta). Populasi ini sementara memenuhi kebutuhan 0,19%, dimana sisanya disuplay dari sapi.

BBPTUHPT Baturaden mempunyai peran strategi untuk membantu peningkatan produksi susu kambing agar sejalan dengan tingkat konsumsi yaitu dalam penyediaan bibit unggul kambing perah. Bibit unggul adalah bibit dengan asal usul yang jelas (pedigree), bersertifikat asosiasi dan kandungan darah yang jelas.

Apresiasi patut disampaikan kepada balai Baturaden dengan telah didatangkannya bibit ungggul jenis saanen pada akhir 2015 kemarin. Langkah lanjutan berupa sebar benih dan bibit unggul kambing perah juga ditungu tunggu oleh peternak kambing. Asosiasi Peternak Kambing Perah Indonesia (ASPEKPIN) sebagai mitra pemerintah dalam hal ini balai besar Baturaden, siap bersinergi demi kemajuan usaha peternakan kambing perah nasional. (Ditulis berdasarkan pemaparan    Ir. Sugiono Ka BBPTUHPT Baturaden)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: