PAKAN TERNAK

Pakan memang menjadi 70-80% dari biaya produksi bahkan lebih dalam usaha peternakan. Paradigma ini terkadang menjadikan peternak menekannya tanpa memperhatikan nutrisi. Misal dengan membuat pakan sendiri secara asal

profeed2vskurus

Salah satu kendala dalam peternakan adalah bagaimana mendapatkan pakan berkualitas dan tepat. Pakan yang diberikan berupa hijauan dan konsentrat. Pakan diberikan dengan cara dijatah/disuguhkan yang dikenal dengan istilah kereman. Konsumsi Bahan kering adalah 3% berat badan. Pemberian pakan dilakukan 1-3 kali dalam sehari yaitu pagi sore dan bahkan malam dengan air minum adlibitum.

profeed3

 

Penelitian menunjukkan bahwa penggemukan dengan mengandalkan pakan berupa hijauan saja, kurang memberikan hasil optimal dan waktu yang lama. Salah satu cara mempercepat penggemukan adalah dengan pakan kombinasi antara hijauan dan konsentrat. Konsentrat diberikan lebih dahulu untuk memberi pakan mikrobia rumen, sehingga ketika pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen telah siap dan aktif mencerna hijauan.

BBB

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: