Formulasi Ransum

profeedRansum adalah campuran satu atau lebih bahan baku yang diberikan kepada ternak untuk memenuhi kebutuhan satu hari dengan maksud dan tujuan tertentu. Contoh bahan pakan misalnya bekatul, onggok, polar dll. Ransum yang baik harus disusun dan diformulasikan sedemikian rupa sesuai dengan tujuan awal. Aplikasi pengetahuan nutrisi bahan pakan dan kebutuhan ternak haruslah menjadi pertimbangan.

Dalam melakukan formulasi atau penyusunan formula paka perlu memperhatikan strategi memilah, memilih dan menyajikan. Strategi memilih diantaranya adalah memilih bahan yang berkualitas dan ekonomis. Prinsip ini dengan memperhatikan sifat bahan secara organoleptik, kemudahan mendapatkan, tidak berefek negatif, tidak bersaing dengan manusia dan berkelanjutan ketersediaannya. Pakan secara umum dalam klasifikasi pakan hijauan dan konsentrat. Pemilihan bahan perlu mempertimbangan harga, acuan sumber bahan apakah itu sumber energi atau protein. Komponen limbah pertanian, perkebunan, limbah pasar bisa dikombinasikan dalam formulasi.

Bahan yang sudah terpilih selanjutnya dipilah berdasar fisik, kimiawi, biologi serta suplementasi. Fisik dalam hal ini misalnya perlakuan bahan sebelum diformulasikan misal apakah bahan perlu dihaluskan, apakah perlu dicacah dan pengolahan lanjutan. Pemilahan kimia dilakukan untuk mendukung aktivitas kimia bahan, seperti proses pelayuan, pengeringan dan proses lain secara kimiawi. Penambahan probiotik juga menjadi salah satu pemilahan bahan; sedangkan suplementasi dilakukan pada beberapa bahan yang ada kekurangan beberapa kandungan. Misalnya suplementasi mineral.

Penyajian disini adalah memberikan kumpulan bahan setelah diformulasikan kepada ternak. Jenis ternak (misal sapi, kambing atau domba) menjadi acuan dasar dalam penyajian ransum, kemudia melihat faktor fisiologi ternak, apakah pedet, bunting, lantasi ataukan pembesaran. Kebutuhan dan kecukupan pakan yang disajikan dengan memperhatikan ternak menjadi sehat, untung dan ekonomis; ternak tenang, kenyang nutrisi dan kenyang perut.

profeed joss

Formulasi ransum biasanya dilakukan dengan cara pearson square, least cost formulatian dan trial error. Apabila anda kesulitan memformulasi dan pengin  praktis dapat menggunakan pakan ternak PROFEED produksi Berikut kami contohkan file excel untuk formulasi menggunakan pearson square.File excel  klik disini. Selamat mencoba……

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    elfian indrayana said,

    sip


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: