5 Kesalahan Fatal Memulai Peternakan

(kembali mari belajar bersama)

(Kisah nyata yang ditulis dan disampaikan oleh Imah embe)

ieKhususnya dalam bidang Peternakan Domba dan Kambing masyarakat umum banyak tertarik untuk masuk dalam dunia usaha ini. Terbayang oleh kesuksesan para seniornya yang memiliki kandang yang bagus, luas, kapasitas besar, ternak-ternak yang bagus dan hal menakjubkan lainnya yang terlihat secara kasat mata. Ditambah lagi dengan dukungan Ritual Agama yaitu Aqiqah dan Qurban membuat dunia Peternakan Domba dan Kambing menjadi begitu dilirik oleh para pemodal yang kelak akan menjadi Peternak Pemula. Dibawah ini akan dijelaskan secara sederhana 7 Kesalahan Fatal Peternak Pemula berdasarkan pengalaman, yaitu :

  1. Keterbatasan Informasi

Pada tahapan ini, biasanya para pemula banyak bersilaturahim dengan para Senior Peternakan. Senior yang dikunjungi kebanyakan adalah Mereka yang sudah berhasil secara fisik. Diyakini memang tidak hanya dari satu orang informasi yang dicari oleh para Calon Peternak. Mereka akan mengunjungi beberapa orang yang kiranya dikenal secara umum berhasil dalam Dunia Peternakan Domba dan Kambing.

Sosok orang-orang yang berhasil biasanya akan mudah dicari dengan mendapatkan informasinya dari Internet ataupun mulut ke mulut. Metode ini tidak salah, karena kita harus belajar dan mencari pengalaman dari orang yang sudah berhasil, maka diharapkan dengan cara seperti ini akan ada cukup informasi yang bisa membawa para Calon Peternak untuk menjadi Peternak Berhasil.

Permasalahannya adalah Informasi yang diterima kebanyakan adalah nilai-nilai keberhasilan, karena kegagalan selalu dianggap sebagai traumatic atau malahan aib yang sebenarnya tidak perlu diceritakan. Inilah yang dimaksud dengan keterbatasan informasi. Ada beberapa pengalaman berharga yang secara kenyataan adalah keburukan atau kegagalan dan ini tidak diceritakan dan selalu menjadi bayangan dari sebuah harapan kesuksesan para Calon Peternak.

Maka pertanyaan berikutnya, bagaimana caranya menyiasati keterbatasan informasi yang diterima?. Ada beberapa strategi sederhana yang bisa dilakukan oleh para Calon Peternak Pemula untuk bisa mendapatkan data yang lengkap. Bisa cek ke 5 Langkah Cerdas Menemukan Informasi Bisnis.

  1. Keinginan Tak Terbendung

Stimulus awal berdasarkan informasi positif dari para Senior menjadi sebuah bara yang cukup kuat untuk menyala menjadi api, tak terbendung dan tidak bisa padam. Keyakinan-keyakinan ini mematahkan berbagai kemungkinan haling rintang yang muncul dari efek Self Talk.

Timbulnya berbagai Self Talk pun biasanya selalu Positif, sehingga Pikiran Negatif akan bisa selalu terkalahkan.

  1. One Man Show

Kondisi One Man Show, biasanya terjadi karena adalanya keinginan dari pribadi seseorang untuk menjalankan usaha, contohnya misalkan keinginan membuat Peternakan Domba dan Kambing. Memang pada tahap awal One Man Show banyak terjadi dan dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Kekhawatiran dari One Man Show adalah disaat pengambilan keputusan, maka seseorang akan merasa bahwa keputusannya adalah yang paling benar dan akhirnya sikapnya akan laksana Tuhan yang dianggap paling serba mengetahui segalanya dan paling bisa menyelesaikan masalahnya. Oleh karena itu, segeralah mencari kawan satu visi walau hanya sekedar berdiskusi. Agar keputusan yang dibuat bisa lebih berimbang dan aman.

  1. Permodalan

Tidak menjadi penting berapa besaran modalnya, TETAPI kebersihan dan kejelasan dari sumber mendapatkan dana atau modalnya. Apabila tidak bersih sumbernya, maka PASTI dan bisa DIPASTIKAN hanya tinggal menunggu kehancurannya karena itu memang janji Allah SWT. Salah satu yang mengarahkan pada kehancuran salah satunya adalah tentang sumber keuangan yang mengarahkan pada RIBA, misalkan pinjaman Modal Kerja Bank, Kartu Kredit, apalagi dari Bank Tigor (Baca : Rentenir).

  1. Niat Usaha

Niat menjadi penting dari segala. Saat membuka usaha hanya untuk memiliki uang banyak atau kekayaan, maka semuanya akan didapat tetapi bagaimana caranya atau berapa lama bisa bertahan menjadi factor yang tidak bisa dipastikan.

Saat seseorang berniat memiliki uang banyak dari hasil usahanya, insha allah akan bisa didapatkan kekayaannya, tetapi siap-siap juga akan kehilangan harta atau kekayaan tersebut.

Inilah dia 5 Kesalahan Fatal Memulai Peternakan yang saya lakukan, artinya Gue Banget. Untuk seri lengkapnya bisa didapatkan menyusul yah. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi. by imah embe…..ane hanye nerusin aje

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: