Perubahan Bobot Badan vs Laktasi = Konsentrat

Pertambahan bobot badan merupakan salah satu kriteria yang dapat digunakan dalam mengevaluasi kualitas bahan makanan ternak, karena pertumbuhan yang diperoleh merupakan salah satu indikasi pemanfaatan nutrien dari pakan. Pada saat awal laktasi dimana produksi susu mencapai puncak pada umunya ternak perah mengalami penurunan bobot badan. Kondisi ini akan berangsur bergeser seiring dengan turunnya produksi hingga kering.

Hal ini disebabkan nutrien  dibutuhkan untuk pembentukan susu saat awal laktasi, demikian juga biasanya nafsu makan rendah sehingga untuk menutup kekurangan nutrisi maka pemberian konsentrat menjadi salah satu solusi.

Solusi

berkah andini feed

berkah andini feed

Beberapa hasil  penelitian meninjukkan bahwa  penambahan konsentrat yang mempunyai kandungan PK 19,04 sebanyak 1,5 – 1,6kg per ekor per hari mampu memperbaiki tampilan bobot badan pada sapi perah. Penelitian lain menunjukkan bahwa pemberian konsentrat PK 17% sebanyak 2% dari bobot badan mampu meningkatkan pertambahan bobot badan yang lebih tinggi dibanding pemberian konsentrat berprotein 25%.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: