TEKNIK PRODUKSI SUSU KAMBING

motivasi kunci suksessUSU merupakan komoditas yang cepat rusak sehingga perlu penanganan khusus. Cara penanganan pasca pemerahan sangat mempengaruhi kualitas dan daya tahan susu. Aspek kebersihan sangat berpengaruh, dalam sistem Inti Plasma Satelit beberapa teknik produksinya ialah

a. Sistem Produksi Kurang Terkontrol

Pada sistem ini pemerahan dilakukan oleh petani peternak itu sendiri dan susu segera disetorkan ke Inti secepatnya.Pemerahan disarankan pada kandang khusus…bisa juga dengan kandang ternak semula, asal dibersihkan terlebih dahulu. Masalah perkandangan haruslah diperhatikan.

b. Sistem Produksi Semi Terkontrol

Pemeliharaan ternak hampir sama dengan sistem diatas. Perbedaan terletak pada teknis pemerahan yang dilakukan oleh tenaga pemerah terlatih dari Inti atau Kelompok. Tenaga ini akan berkeliling memerah ternak laktasi yang berada dalam lingkupnya. Untuk melakukan kontrol, petani peternak mempunyai kartu produksi susu harian yang diisi oleh pemerah dan diketahui petani peternak. Susu hasil perahan langsung dibawa ke inti. Sistem ini lebih mudah  dilaksanakan dalam  satunarea/kawasan.

c. Sistem Produksi Terkontrol

Pemeliharaan ternak seperti pada dua sistem diatas. Menjelang beranak induk dibawa ke inti dengan manajemen yang lebih ketat. Pemerahan dilakukan oleh inti. Ternak akan dikawinkan oleh inti stelah tidak laktasi lagi akan dikembalikan ke plasma.

Penentuan sistem ini sangat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi ddiamana ternak kambing akan dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: