MODEL USAHA TERNAK KAMBING PERAH

  1. USAHA PETERNAKAN RAKYAT

Pengembangan dengan model atau pola peternakan rakyat akan dapat melibatkan banyak petani yang tersebar diberbagai daerah Indonesia, sehingga dampaknya terhadap peningkatan pendapatan dan konsumsi gizi keluarga tani melalui konsumsi susu kambing akan lebih besar dan luas. Kelemahan yang ada pada pola ini adalah manajemen pemeliharaan ternak belum  berorientasi bisnis, tetapi masih  bersifat sambilan dengan cara pemeliharaan  sederhana. Hal ini tidak terlepas dari lemahnya modal yang dimiliki peternak kecil dan ini sering  merupakan kendala utama yang harus dihadapi untuk pengembangan agribisnis peternakan kambing ini. Disamping itu petani  sangat lemah dalam pemasaran hasil ternaknya sebagai akibat kurangnya akses dalam mendapatkan informasi pasar. Kelemahan petani ini sering dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk memperoleh keuntungan pribadi.

sarjana membangun desa

sarjana membangun desa

 2.       USAHA PETERNAKAN SWASTA KOMERSIAL

Berbeda dengan pola petrnakan rakyat, jika model pengembangan kambing perah PE melalui model/pola peternakan swasta komersial ini yang ditempuh, maka usaha peternakan kambing perah PE, ini hanya terbatas pada para pemodal menengah-besar saja. Dengan dukungan modal yang kuat, pihak swasta akan mampu memaksimalkan produksi melalui prmanfaatan teknologi mjtakhir yang tersedia.

mesin perah kambing

mesin perah

3.       POLA KEMITRAAN INTI-SATELIT-PLASMA (ISP)

Salah satu model pengembangan agribisnis  peternakan kambing perah yang dapat diterapkan adalah model yang didasarkan atas azas kebersamaan dan tekad untuk m aju bersama menuju masa depan yang baik. Model ini merupakan kompromi antara kedua model pengembangan tersebut diatas. Dalam model ini perusahaan swasta bertindak sebagai nti, sedangkan petani/peternak sebagai plasma. Didaerah lain diluar wilayah inti dibentuk satelit (sebagai coordinator) dengan plasmanya yang merupakan hubungan murni bisnis.

 

(Pedoman Teknis  Model Pengembangan Ternak Perah, Dirjen Bina Produksi Peternakan : 2003)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: