Motivasi dan Koperasi Ternak Perah

Pada dasarnya persediaan dan permintaan susu di Indonesia terjadi kesenjangan atau permintaan jauh lebih besar dibandingkan ketersediaan stok  yang ada. Kondisi  seperti ini adalah  peluang  prospektif untuk beternak perah baik itu sapi maupun kambing.Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk menumbuhkan motivasi dalam masyarakat agar beternak perah dengan mendirikan koperasi-koperasi susu yang dilengkapi dengan unit penelitian dan pendukung lain. Unit pendukung yang vital adalah breeding, feeding dan manajemen. Feeding atau pakan menempati porsi yang cukup signifikan. Pakan konsentrat, seperti PROFEED produksi PT. Bersama Ben Berkah mengambil nafas dan semangat bersama sama senada dengan koperasi.

Banyak sentra ternak perah yang ada di Indonesia dan belum sepenuhnya berkembang seperti harapan. Misal  kambing dan sapi perah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa barat terutama sentra sentra ternak perah ysng potensial untuk maju.Demikian juga ada sentra kambing perah nasional.

Motivasi dan sumber daya pendukung usaha  ternak perah mutlak diperlukan guna meningkatkan semangat juang dalam memulai usaha. Peran lembaga perekonomian berupa koperasi menjadi salah satu ujung tombak dalam usaha ternak perah. Koperasi Serba Usaha Aspekpin (asosiasi peternak kambing perah indonesia) yang pernah ada merupakan salah satu pioner dalam mewadahi peternak perah dalam hal ini kambing. langkah ini ditempuh untuk menyatukan gerak langkah menuju kesejahteraan tanpa monopoli…..bravo peternak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: