Peluang Ternak Unggas Dibalik Kasus FLu Burung

Sejak merebaknya penyakit Avian Influensa (AI) yang disebabkan oleh virus H5N1.  Unggas lokal terutama ayam buras dan itik mengalami penurunan populasi yang sangat drastis.  Hal itu bisa dilihat dari jumlah kepemilikan ayam buras dan itik di masyarakat.  Akibatnya daging dan telur ayam buras di pasar sulit di dapat.

Lebih di perparah lagi, sisa populasi yang ada di masyarakat, tidak di kelola dengan baik, sehingga anak-anak ayam yang dihasilkan tidak bisa berkembang sampai dewasa karena sudah mati di usia kecil.  Bila hal ini tidak ditangani dengan baik dan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin populasi ayam buras akan habis.

Virus H5N1 sebenarnya termasuk virus yang lemah, yang tidak tahan dengan panas dan disinfektan, sehingga penanggulangannya lebih mudah, yaitu dengan biosecuriti, vaksinasi dan desinfektan yang ketat dan juga melakukan vaksinasi terhadap unggas yang ada di masyarakat sekitar kandang.

Kondisi seperti ini memberikan kesempatan masyarakat untuk andil dalam usaha mempertahankan dan mengembangkan kembali ayam buras, sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan dan kebutuhan akan daging dan telur bagi masyarakat pedesaan khususnya. Dan ini adalah salah satu peluang usaha ternak unggas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: