Koperasi Andini Luhur (susu sapi )…..Koperasi Aspekpin (susu kambing)

Sampai dengan tahun 1997, pemasaran susu segar masih satu pintu yaitu harus lewat KUD dan GKSI. Seiring dengan era Reformasi, terbitlah INPRES no 4 tahun 1998, yang pada intinya menyatakan bahwa peternak diperbolehkan menjual produksi susu segarnya langsung ke konsumen.

Sejak saat itu, kelompok tani ternak Andini berusaha keras agar dapat memasarkan produksi susu segarnya langsung ke IPS ( PT Sari Husada-Yogyakarta). Hingga pada akhirnya dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki, hari Sabtu – tanggal 20 Juni 1998 menjadi hari pertama pemasaran susu segar kelompok tani ternak Andini ke IPS, dengan jumlah pengiriman susu segar baru sejumlah 2.300 liter/hari. Harga susu segar diterima peternak dari KUD/GKSI, saat itu baru Rp. 650,-/liter. Setelah pemasaran langsung ke IPS, kelompok tani ternak Andini dapat membayar susu segar ke peternak dengan harga Rp. 950,-/liternya.

Hingga sampailah pada saat ini jumlah produksi susu segar Koperasi “Andini Luhur” mencapai 31.000 liter/hari yang dipasarkan ke PT Indomilk / Indolakto di Jakarta, PT Cita Nasional Jawa Tengah, PT Sari Husada Yogyakarta dan PT Ultra Jaya di Bandung. Ada juga pembeli langsung dari konsumen dan pengecer susu segar. Harga susu segar yang dibayarkan ke Klp. Persusuan / Klp. Tani dengan harga dasar antara Rp. 1.900,- s/d Rp. 2.900,- per liter (disesuaikan dengan kwalitasnya). Jika diakumulasikan dengan bonus peningkatan kualitas dan penyerapan Konsentrat bisa mencapai harga Rp. 2.500.- s/d Rp. 3.700,-

nah diatas jalannya koperasi susu andini

mengenai Koperasi Aspekpin (asosiasi peternak kambing perah indonesia) ceritanya baru akan dimulai…hehe

permasalahan seputar ternak kambing perah siap diakomodasi untuk dipecahkah bersama……

silahkan join

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: