HUTANG HILANG DAN PETERNAKAN TERPURUK, ADAKAH KORELASINYA?

Indonesia adalah negara terbesar kedua dalam tingkat perusakkan hutan setelah Brasil. Menurut data FAO (2000-2005), laju pengundulan hutan Indonesia mencapai 4,6 juta are/tahun. Sedangkan Brasil mencapai 7,6 juta. Anehnya , walau Brasil merusak tanah hutan dua kali lipat setiap tahunnya daripada Indonesia, emisi CO2 Brasil hanya setengah Indonesia. Sebabnya ternyata lahan di Indonesia yang dibakar kebanyakan tanah gambut yang kaya karbon setelah pepohonan dibabat. Bakaran itu berlangsung lebih lama, dan jumlah CO2 yang terbuang ke atmosferpun lebih banyak.

hutan_kalimantan

hutan_kalimantan

Berbagai tujuan pembalakaan hutan di Indonesia semakin menambah komplek permasalahan pasca hutan gundul. Perusakkan hutan ada yang demi konversi (untuk ditanami kelapa sawit misalnya dan Indonesia merupakan bagian dari 80% produsen minyak kelapa sawit dunia). Ada juga lahan yang bisa dimanfaatkan menjadi padang penggembalaan ternak. (Intisari no 575)

Hutan merupakan sumber hijauan ternak yang potensial untuk wilayah luar Jawa termasuk Kalimantan. Posisi hutan menjadi sangat strategis untuk mengembangkan sektor peternakan di lur Jawa. Luasan hutan menjadi salah satu jaminan ketersediaan bahan pakan ternak.

hutan_gundul

hutan_gundul

Fakta jumlah hutan yang gundul selain mengancam kelangsungan manusia juga mengancam pengembangan ternak. Tanpa kecukupan hijauan maka pengembangan ternak terutama ruminansia (sapi, kerbau, kambing.. ) menjadi terhambat. Oleh karenanya apabila akan mengembangkan sektor peternakan maka melestarikan hutan menjadi salah satu kewajiban.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Kelompok Petani Peternak SETYA MITRA said,

    Soalnya Petani Peternak Mikro Program PUAP KKPE Peternakan……… Lagi banyak yang terpuruk gara…… SAPI SAPI pada Hancur – Hancuran Harga.
    HUTANG MENUMPUK – PETERNAK TERPURUK.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: