Dari Mana Itik Berasal?

Pusat Penelitian itik Alabio.

Perjalanan pertama 23 April 2011 di Kalsel adalah perjalanan menyeberangi Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Utara. Perjalanan yang akan dipenui tanda tanya bagi orang pertama diKalsel. Tak ada jalan naik atau turun, jadi smua datar dan datar.

Menyusuri jalan aspal yang cukup bagus. Kali ini melihat pesona Kalsel sebagai daerah itik, target daerah yang dituju adalah Amuntai. Kota yang terletak di Hulu Sungai Utara. Daerah ini terkenal dengan itiknya. Termasuk itik Alabio, karena nama alabio ternyata adalah nama tempat didaerah Amuntai. Geografi wilayah dengan rawa, cukup mendukung untuk budidaya itik. Sepanjang jalan sebelum memasuki kota Amuntai dikiri dan kanan jalan adalah rawa yang luaaas.

itik_kalimantan

itik_kalimantan

Disana pula berdiri Pusat Penelitian itik Alabio..tapi sayang kayaknya sudah tidak dipergunakan lagi. Itik dijadikan simbol kota Amuntai terlihat dengan adanya dua patung itik yang besar dipinggir sungai. Itik menjadi salah satu ternak unggas yang favorit dan potensial berkembang diKalimantan Selatan. Ternyata itik itu berasal dari sini….ya itulah perjalanan hebat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: