SAROSTHA FARM…FANTASTIC PE FARM

Beberapa waktu yang lalu disela RAKOR Pakan , ada sms dari rekan peternak kalo saat ini sedang berkunjung dan belajar dipeternakan kambing PE didaerah Subang. Antusiasme muncul saat diceritakan jumlah populasinya yang lebih dari 300 ekor kambing PE. Akhirnya perjalanan Jakarta-Bandung-Subang ditempuh untuk menjalin silaturahmi dengan pemilik farm.

Ketertarikan yang amat sangat membuat  kunjungan ke sarostha farm menjadi prioritas, perjalanan malam tak menyurutkan untuk segera bertemu dengan teman-teman peternak PE. Jam 22.00 tepat tiba dikandang yang berada disekitar sawah, sebuah area peternakan PE yang besar yang saya masuki. Ada 4 kandang produksi dengan kapasitas perkandang kurang lebih 60an ekor dan masih ada kandang cempe dalam jumlah yang tak kalah.

 

SAmbutan hangat dari pihak pemilik yang diwakili Pak Tono sangat akrab dan hangat, terbukti saat itu juga terjadi diskusi hingga jam 02.00 (dinihari); diskusi seputar kambing PE. Berbekal papan whiteboard diskusi menjadi hidup dan qualitative. Saya yang sedikit tahu tentang pakan dan lukman dengan keahlian reproduksi banyak belajar dari Sarostha farm.

diskusi PE

Farm PE ini sudah mengaplikasikan teknologi yang menarik untuk dipelajari. Mesin perah yagn sudah dimodifikasi untuk kambing, pendeteksian dini birahi dan kebuntingan, serta manajemen professional didukung SDM yang mumpuni. Hal yang menarik disana adalah untuk optimalisasi produksi susu; cempe tidak pernah disusukan langsung ke induk dan ini berjalan bagus.

mesin perah kambing

mesin perah

Diskusi dan tukar pendapat yang berkualitas kami lakukan intensif dengan  manajemen farm dan pemilik. Harapan kami peternakan PE akan menjadi potensi unggulan ternak perah disamping kontes. Bravo peternakan kambing PE ..bravo susu…bravo kontes…..

Kami akan datang kembali….

Subang, 30 Maret – 1 April 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: