SILASE SEBAGAI SOLUSI PENYEDIAAN PAKAN HIJAUAN PADA MUSIM KEMARAU

Biaya pakan yang menempatkan 60-70%dari modal usaha menuntut suatu menejemen pakan yang solit dan mapan sehingga suatu usaha peternakan dapat berjalan dengan baik. Produksi hijauan yang menumpuk pada musim penghujan harus di management sedemikian rupa sehingga dapat dimanfaankan juga pada saat musim kemarau.

Pemanfaatan sisa produk pertanian secara optimal dapat menjadikannya sebagai pakan. Bila kita melihat dari segi kualitas memang jerami memiliki kualitas yang jelek bila di bandingkan dengan pakan hijauan, tetapi kondisi ini dapat diperbaiki dengan amoniasi dan lain sebagainya. Selama ini Petani-Peternak banyak menghadapi masalah pakan pada musim kemarau dimana mencari hijauan sangat sulit. Sedangkan pada musim penghujan hijauan menumpuk sehingga perlu suatu metode pengawetan untuk pakan hijauan agar nantinya dapat dimanfaatkan pada musim kemarau.

Silase adalah suatu teknik pengawetan hijauan pakan melalui suatu proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara(CO2) di dalam suatu tempat yang disebut silo. Berikut ini penjelasan tentang pembuatan silase.

BAHAN – Rumput – Bekatul (3-5% dari total jumlah rumput yang akan dibuat silase)

ALAT – Sabit – Drum bekas – Plastik

LANGKAH-LANGKAH –

PERTAMA Rumput yang akan kita gunakan untuk membuat silase kita layukan dulu dengan dijemur pada siang hari. –

KEDUA Rumput kita cincang dengan sabit sebesar 5-10 cm. –

KETIGA Kita siapkan drum bekas yang telah dilubangi atasnya kemudian kita lapisi bagian dalam dengan pastik.

KEEMPAT Kita masukkan potongan rumput tadi kemudian kita padatkan ketebalan tumpukan rumput kurang lebih 10 cm. Kemudian bagian atasnya kita sebarkan bekatul secara merata. Hal ini kita ulang sampai isi dari drum penuh. Setelah penuh kita tutup drum dengan rapat kalau perlu tutup kita tindih dengan batu atau kayu.

KELIMA Hijauan yang di silase dapat di disimpan selama 2-4 bulan. Sebelum di gunakan silase harus diangin-anginkan terlebih dahulu agar bau asam hilang. PUSTAKA Komar, Abdel. DR. IR. 1984. Teknologi Pengolahan Jerami sebagai makanan ternak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: