GET Q (quality & quantity)

Kunci pencapaian konsonan Q tersebut ada pada Good Manufacturing Practice :

  • Material

Material/ bahan baku yang ada digudang adalah bahan yang kita “yakini” berkualitas karena telah dilakukan berbagai pengecekan kualitas saat penerimaan, maupun penyimpanan. SO…tidak ada permasalahan disini.

  • Manchine

Mesin merupakan salah satu sarana vital guna mendukung produktivitas. Kondisi mesin menjadi perhatian utama yang mengarah pada kesempurnaan (perfect).

Optimalisasi  dan efisiensi kinerja setiap mesin perlu dicari. Hal ini dapat dicapai dengan melakukan perawatan (maintenance)  secara berkala dan terjadwal.

Losses karena factor mesin (kebocoran, celah, bagian aus dsb) sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas pakan. Bahan yang terbuang sudah pasti secara kuantitas akan mempengaruhi hasil akhir. Kualitas nutrisi pakan juga berubah seiring hilangnya beberapa komponen bahan.

  • Menthode

Sedekar ilustrasi : Banyak jalan menuju roma…..ya. Tapi perlu dicari jalan tersingkat dan terenak menuju kesana.  Metode  atau cara merupakan suatu tahapan dari apa yang akan dicapai. Pencapaian setiap tahapan  yang jelas dan berkualitas akan menghasilkan hasil akhir yang optimal. Perlu dibuat standar operasional proses/produksi (SOP)

  • Man

Kunci utama dari keberhasilan proses, bahan, mesin yang baik, dan metode yang bagus tanpa dikendalikan sumber daya manusia yang bersungguh-sungguh tidak akan memperoleh hasil optimal. Rambu-rambu perlu diketahui, mana yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, apa? Dimana? Dengan siapa harus bekerja? Kapan? Penyusunan Job Description sebagai langkah fundamental untuk memulai, sehingga nantinya diperoleh:

  • Tanggung jawab → tahu area kerjanya, apa yang harus dilakukan, dengan siapa bekerja?
  • Disiplin & Teliti → menjadi masalah apabila keteledoran berulang (1X, 2X) akan menjadi kebiasaan. Toleransi  berlebih lama-lama akan menjadi banyak dan akhirnya bengkok karena menyimpang jauh.
  • Kejujuran →  1x bohong maka berikutnya sudah pasti kebohongan. 1 tahapan error maka tahapan lain pasti error

Komunikasi yang intensif mutlak dilakukan disetiap tahapan proses.

Satu kesalahan kecil akan berpengaruh pada tahapan berikutnya

Saling menjaga kuantitas dan kualitas

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    5M ya, ini kayak atribut di fishbone ya?

    • 2

      oeg said,

      INsipiringnya dari 5M pak betul,,,btw penjelasannya saya adopt dari lingkungan kerja saya…maklum kita lagi fight untuk quality, quantity & biosecurity


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: