Fisika Pellet Quality Report

Densitas


Densitas digunakan untuk mengetahui kekompakan dan tekstur pakan . tekstur pakan yang kompak akan tahan terhadap proses penekanan sehinggga ikatan antara partikel penyusun pakan menjadi kuat dan ruang antara partikel penyusun pakan menjadi sangat kuat dan ruang antara partikel bahan pakan tidak terisi rongga udara (Murdinah, 1989).
Salah satu contoh dari pengaruh densitas adalah pembuatan pellet. McEllhiney (1994) menyatakan bahwa dua factor yang mempengaruhi ketahanan serta sifat pellet yaitu karakteristik bahan dan ukuran pertikel . hal ini juga diperkuat pendapat Balago et al. (1988) bahwa ukuran partikel yang kecil akan menyebabkan pellet semakin kuat. Factor lain yang mempengaruhi kekerasan pellet adalah kadar kehalusan bahan pakan.

Sifat – sifat fisik partikel ditentukan oleh asal bahan dan proses pengolahannya , salah satu sifat yang sangat penting dari pakan bentuk granula dan tepung adalah ukuran partikel serta distribusi ukuran(Murdjiman, 1984).Pengamatan sifat fisik meliputi densitas, kekerasan , stabilitas pellet, berat jenis dan kadar air. Pengamatan terhadap sifat fisik pellet merupakan bagian penting untuk mengetahui mutu pellet yang dihasilkan.

IMG_1009
Menurut Herdeson dan Perry (1976), bahwa kadar kehalusan bahan menunjukan adanya keseragaman hasil penggilingan dan didefinisikan sebagai jumlah berat yang ditahan diatas masing – masing saringan dibagi seratus.
Densitas (Murdinah, 1989) . Pengujian densitas dilakukan berdasarkan metode yang pernah dilakukan Murdinah yaitu dengan mengukur tinggi dan diameter masing – masing pellet tersebut dan menimbangnya dengan menggunakan neraca analitik untuk mendapatkan angkla yang teliti.
Durabilitas


Durabilitas yaitu jumlah pellet yang kembali dalam keadaan utuh setelah diaduk dengan mekanik (pneumatic). Definisi lain menjelaskan bahwa durabilitas pellet adalah ketahanan partikel pellet yang dirumuskan sehingga persentase dari banyaknya pakan pellet utuh setelah melalui perlakuan fisik dalam alat uji durabilitas terhadap jumlah pakan semula sebelum dimasukkan kedalam alat. Pellet yang baik mempunyai durabilitas di atas 90 % atau kandungan tepung di bawah 10 %.
Nilai durabilitas pellet sangat ditentukan oleh penggunaan bahan baku dalam formulasi pakan dan teknis operasional pellet mill. Nilai durabilitas pellet sangat ditentukan oleh penggunaan bahan baku terutama binder dalam formulasi dan teknis operasional pada saat pencetakan pellet yang diproses tekanan steam dan pemanasan yang ditimbulkan akibat steam , dinding tabung dan bahan durabilitas pellet tergantung pada pati yang tergelatinisasi. Pada proses pemasakan selama pembuatan pellet.
Durabilitas diperoleh dengan membagi berat pellet setelah perlakuan fisik dalam alat ditimbang dibagi berat pellet sebelumnya dikali 100 %

IMG_1014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: