Depresi
“Saya sedang stress” demikian ungkapan umum seseorang ketika tidak enak badan, tetapi tidak merasa sakit fisik. Merka mengalami depresi. Dr Cheryl N Carmin dari University of Illinois di Chicago & Dr John W Klocek dari University of Montana menyimpulkan bahwa ada lima gejala atau tanda-tanda seseorang terkena depresi .
 Berkurang kesenangan ketika melakukan aktivitas biasa (less enjoyment from usual activities)
 Merasa kecewa pada diri sendiri ( dissapointment with self)
 Putus asa atau kehilangan harapan (hopelessness)
 Menjadi cepat marah (irritability)
 Sulit tidur (difficulty sleeping)

Langkah-Langkah Mengatasi Depresi

Dalam banyak hal, depresi adalah tanggapan yang sehat terhadap apa yang terjadi dalam hidup seseorang. Seringkali depresi merupakan pesan bahwa kita telah mengabaikan suatu bidang hidup kita. Depresi dapat kita jadikan semacam sistem peringatan bahwa kita sedang bergerak menuju air yang lebih dalam. Dan menyadarkan kita untuk melepaskan diri dari tekanan dan memberi kita waktu untuk pulih kembali. Beberapa anjuran umum:
1. Berusahalah untuk meneruskan kegiatan-kegiatan rutin setiap hari. Kalau saudara bekerja, akan sangat menolong kalau saudara mau bangun pagi-pagi, lalu mandi, berpakaian, sarapan dan pergi ketempat kerja.
2. Bila saudara melakaukan pekerjaan di rumah, lakukanlah langkah diatas. Meskipun saudara merasa apapun yang saya kerjakan tidak ada gunanya; ketahuilah sebenarnya ada gunanya.
3. Usahakanlah untuk beraktifitas di luar rumah walau melakukan kegiatan sesederhana apapun. Mis, beli koran/majalah, ke tempat atau toko kesukaan atau berkunjung kekeluarga.
4. Kegiatan fisik seperti bernyanyi, berenang, bersepeda, atau berolahrga, pada umumnya sangat membantu mengatasi depresi.
5. Bila nafsu makan dan berat badan saudara menurun, upayakan untuk tetap makan walau sedikit-sedikit tapi sering.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: