Banjiiiiiiiiiiir

Dimana? Jangan mengada-ada ah ntar yang punya Jakarta marah lhoo..(nah kan dah mulai… ). Judul diatas memang benar adanya dan tidak mengada-ada sama sekali. Soalnya penulis sendiri yang mengalami tiap hari (kemariin2). Banjir (rob kayaknya lebih pantes) tersebut tepatnya di MB (Muara Baru). Hampir tiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore jalan diMB tidak pantas disebut jalan melainkan sungai (kok??) karena sepanjang jalan terisi air hingga lebih dari ½ meter dan air tersebut mengalir (benar2 pas disebut sungai).
Kata penduduk setempat banjir ini disebabkan jebolnya tanggul dibibir pantai MB dan pada periode sekarang betepatan dengan naiknya permukaan air laut karena factor cuaca.
Selain factor diatas ada satu lagi factor manusia yang menyumbang masalah ini yaitu saluran air, got dan waduk yang berubah fungsi menjadi pemukiman. (jadi jangan salahkan air yang menuntut haknya….!!!)
Sepanjang jalan masuk MB city bila kita lihat dikiri-kanan sudah dijejali rumah bahkan ada yang memakan badan jalan. Tidak jelas lagi mana batas pinggir jalan tersebut. Itu baru tampak depan bila kita lihat dari belakang lengkap sudah keserakahan manusia. Waduk pluit yang seharusnya bias optimal menampung air justru dimanfaatkan penduduk dengan mendirikan rumah-rumah panggung plus produknya (apalagi kalo bukan sampah..) sungai Muara Baru mengalami penyempitan disebabkan bagian atas sungai juga sudah berdiri jajaran rumah. So…… lewat mana air rob laut mengalir….sungai? (sudah mampet) got? (sudah ditutup &dimatikan) bagi air gak ada pilihan lain jalan raya yang dipakai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: